4 Bahan Kreasi Menu Makanan Untuk Diet

4 Bahan Kreasi Menu Makanan Untuk DietMenu makanan untuk diet seringkali dianggap sebagai makanan tidak enak yang melunturkan nafsu makan. Tak jarang menu diet pun tak tersentuh sama sekali karena rasanya yang tidak bersahabat dengan lidah pelaku diet. Alhasil, kebanyakan para pelaku diet pun gagal dalam usaha mereka menurunkan berat badan.

Bila sudah begini, pastinya menurunkan berat badan tidak semudah dalam khayalan, tetapi menjadi memberatkan. Ibarat kata, menjalani program diet sama dengan menyiksa diri dengan membatasi makanan yang dikonsumsi.

Padahal pada kenyataannya, tidak semua menu diet tidak seenak yang kita bayangkan. Semua tergantung pada proses pengolahan yang Anda lakukan, apakah sudah benar atau belum. Jika Anda pintar mengkombinasikan bahan-bahan tersebut ke dalam menu olahan sehat, biasanya akan terasa jauh lebih enak.

Makanan yang awalnya terasa hambar dan tidak enak akan terkesan lezat dengan pengolahan yang tepat. Bahkan menu-menu tersebut bisa Anda jadikan menu diet sehat pengganti nasi dalam proses penurunan berat badan.

Belakangan ini, mulai banyak teknik diet yang diperkenalkan oleh publik figur maupun pakar kesehatan. Salah satu yang sempat booming adalah diet mayo yang mampu menurunkan berat badan hanya dalam 13 hari. Diet ini menitikberatkan pada makanan yang dikonsumsi para pelaku diet, dimana tidak menggunakan garam sama sekali. Pada dasarnya, diet mayo tidak menerapkan pola yang lebih ekstrim, hanya saja memang garam yang biasa dikonsumsi dibuang habis selama 13 hari.

Hasilnya, beberapa orang mampu menurunkan 5 kg hanya dalam waktu 2 minggu. Walaupun pada awal diet terasa berat, menu makanan untuk diet mayo tetaplah mengenyangkan. Sumber karbohidrat dan mineral lainnya terpenuhi secara sempurna, dari sayur-sayuran dan buah-buahan yang dikonsumsi.

Sumber protein pun didapatkan dari telur ayam maupun ikan yang diolah tanpa memanfaatkan garam sedikitpun. Sehingga jenis diet inipun disebut-sebut aman untuk para penderita hipertensi.

Selain diet mayo, ada beberapa diet sehat pula yang sebenarnya bisa diaplikasikan sendiri di rumah. Bahkan beberapa bahan-bahan makanannya sendiri bisa Anda kreasikan sepuas hati, seperti.

Kubis

Siapa yang tidak mengenal kubis sebagai salah satu sayuran menyehatkan? Ternyata kubis pun bisa dimasukkan ke dalam menu diet sehat yang tengah Anda jalani. Di Eropa, kubis umumnya dikonsumsi dalam bentuk salad, bersama wortel ataupun apel dengan dressing minyak zaitun.

Kepopuleran kubis sendiri tak terlepas dari zat aktifnya yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker. Hal ini dimungkinkan saat produksi upping bekerja membatasi kerja sel kanker dalam merusak enzim.

Nutrisi utama dalam sayur inipun diketahui mampu memperlambat hingga memberhentikan sel kanker di dalam tubuh. Cara lainnya untuk mengolah kubis tidaklah sulit, yakni dengan menambahkannya ke dalam sandwich Anda. Burger ataupun sandwich sehat dengan tambahan sayur-sayuran tentu memberikan efek kenyang lebih lama. Ini dikarenakan serat yang terdapat di dalam sayur lebih lama diserap oleh tubuh atau diserap secara bertahap.

Bit

Keberadaan bit di Indonesia mungkin tidak sepopuler di Eropa ataupun Amerika. Sayuran bit memiliki bentuk sekecil ruby dengan kandungan dua nutrisi mutlak yang bermanfaat. Kedua kandungan mutlak dalam menu makanan untuk diet ini bisa menurunkan homosistein dalam darah. Di samping itu, adapula kandungan folat dan betaine yang bisa mengangkat penyebab serangan jantung. Hal ini telah dibuktikan dari penelitian laboratorium terhadap tikus yang memberikan hasil positif.

Dimana tikus-tikus yang mengkonsumsi buah bit teratur jauh lebih kuat terhadap serangan sel kanker. Kekuatan sel tubuh untuk melawan kanker dengan konsumsi buah bit secara teratur sudah tidak bisa diragukan lagi. Terlebih bila Anda memutuskan untuk mengkonsumsi bit dalam keadaan mentah dengan cara diasinkan.

Anda hanya perlu menambahkan minyak zaitun serta jus lemon untuk menjadikannya salad. Konsumsi makanan berserat dan sayur-sayuran sehat seperti ini sangat efektif melunturkan lemak di dalam tubuh.

Goji Berry

Menambahkan buah goji berry ke dalam menu sarapan Anda adalah pilihan tepat untuk hidup sehat dan kurus dalam waktu bersamaan. Buah yang sangat mudah ditemukan di dataran tinggi Tibet ini memiliki manfaat yang luar biasa. Orang-orang Tibet pun sudah mempercayai buah goji berry sebagai buah kesehatan secara turun-temurun. Pasalnya di dalam buah ini terdapat zat antioksidan yang efektif dalam menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Hasil penelitian pun membuktikan hal yang mencengangkan, dimana buah goji berry baik dikonsumsi oleh mereka yang menderita diabetes. Buah goji berry bisa dikatakan sebagai alat bantu untuk mengurangi produksi insulin di dalam tubuh penderita. Seperti yang kita ketahui, insulin adalah faktor resiko utama dari penyakit diabetes pada beberapa orang. Jadi, tak ada salahnya bukan menambahkan si kecil ini ke dalam menu sarapan ataupun cemilan Anda?

Kayu manis

Tahukah Anda bahwa mengkonsumsi 2 gram kayu manis setiap harinya mampu menurunkan kolesterol serta kadar gula dalam darah? Berdasarkan jurnal kesehatan, mereka yang secara rutin mengkonsumsi kayu manis dalam kadar tepat, akan lebih mudah terhindar dari masalah jantung.

Begitu pula dengan gula darah tinggi penyebab diabetes dan memerlukan menu makanan untuk diet. Hal ini dikarenakan kayu manis yang memiliki kandungan polimer methylhydroxychalcone yang mampu meningkatkan sistem metabolisme di dalam tubuh.

Kayu manis yang dikonsumsi sebaiknya dalam bentu bubuk, sehingga bisa dicampurkan ke dalam makanan. Entah itu Anda tambahkan ke dalam sereal, oatmeal ataupun minuman yang tengah dikonsumsi. Rempah-rempah satu ini yang telah berbentuk gulungan cenderung memiliki rasa manis yang terlalu kuat. Anda pun tentunya akan lebih sulit untuk mengkonsumsinya ataupun menambahkan dalam beberapa makanan yang hendak dikonsumsi sehari-hari.

Setelah mengetahui beberapa bahan makanan untuk diet di atas, Anda tentu sudah tidak bingung bukan untuk berkreasi dengan menu diet harian? Tak ada lagi kata bosan ataupun tidak enak pada makanan yang hendak dikonsumsi dalam program diet. Sebab semua rasa bisa Anda dapatkan secara alami dengan rentetan manfaat baiknya bagi kesehatan. Bisa dibilang, bahan-bahan tersebut tak hanya bercitarasa sedap, tetapi juga baik bagi kesehatan Anda di waktu mendatang.

Pastikan pula cara mengolah bahan-bahannya sudah tepat dan benar. Artinya Anda tidak menambahkan dengan penambah rasa ataupun teknik masak yang salah. Bukannya Anda mendapat manfaat nantinya, malah Anda akan menimbun penyakit dalam jangka panjang. Selain bahan-bahan di atas, biasakan pula untuk menambahkan air putih lebih banyak setiap harinya. Dengan begini, sistem metabolisme serta pencernaan jauh lebih efektif.

Output dari gaya hidup sehat seperti ini memang tidak terasa dalam waktu dekat, tetapi jangka panjang. Dimana Anda berinvestasi untuk kesehatan di waktu mendatang, tanpa harus takut terserang penyakit berbahaya. Membiasakan diri hidup sehat tidak harus menunggu besok ataupun nanti. Mulailah dari sekarang, maka Anda akan mendapatkan feedback positif pula dari hal tersebut. Tanpa disadari, mengkonsumsi menu makanan untuk diet sama halnya dengan menanam kebaikan di dalam tubuh.

Leave a Reply

*