Bahaya Kegemukan Bagi Kesehatan

Bahaya Kegemukan Bagi Kesehatan – Obesitas atau kegemukan merupakan suatu keadaan di mana lemak yang berada di dalam tubuh tertimbun tepatnya pada jaringan bawah kulit. Lemak tersebut akan menyebabkan perluasan di sekitar organ tubuh lainnya hingga ke dalam jaringan organnya. Tanda fisik orang mengalami obesitas sudah terlihat jelas yaitu badan terlihat gemuk dari berat badan yang berlebih.

Fenomena kegemukan sangat mudah ditemui pada sekitaran anda, karena hal ini sudah menjadi kondisi yang biasa. Namun perlu anda ketahui, ternyata kegemukan dapat menimbulkan berbagai masalah terhadap kesehatannya sendiri. Jadi, jangan dianggap sepele. Untuk itu, artikel ini akan memberi tahu kepada anda mengenai bahaya kegemukan yang terjadi pada seseorang dalam kesehatannya. Simaklah uraian berikut ini.

Fat man holding a measurement tape against white background

Bahaya Kegemukan Bagi Kesehatan

1. Masalah Kulit

Lemak yang tertimbun secara berlebih akan membuat kulit menjadi lebih lebar sehingga akan tercipta garis-garis halus. Lipatan lemak tersebut dapat menjadi tempat jamur dan bakteri untuk tumbuh dengan subur, sehingga bisa memicu terjadinya infeksi.Obesitas dapat mengakibatkan masalah kulit karena hormon mengalami perubahan.

2. Gangguan Pernapasan

Pada penderita obesitas akan memiliki kecenderungan sulit bernapas, akibat napasnya terlalu pendek. Kondisi ini disebabkan karena tumpukan lemak pada daerah dada dan leher bagi penderitanya sangat kesulitan, ketika akan mengambil atau mengeluarkan udara untuk bernapas. Jadi berakibat munculnya gangguan pernapasan.

3. Asam Lambung Naik

Timbunan dari lemak yang menekan daerah lambung, sehingga asam lambung tersebut menjadi naik. Obesitas juga dapat memicu asam lambung naik ke kerongkongan. Keadaan seperti ini akan memberikan sensasi terbakar bagi penderitanya, dan memberikan rasa sakit serta tekanan di sekitar daerah leher dan dada.

4. Penyakit Varises

Varises bisa terjadi akibat keturunan secara genetika, namun penyakit ini juga sering muncul dikarenakan obesitas. Nah, penyakit varises yang terjadi, jika vena menjadi melebar yang disebabkan karena dinding pembuluh darah yang melemah. Penyakit ini dapat ditandai dengan munculnya gumpalan darah berwarna ungu atau biru.

 

5. Peradangan Sendi

Peradanga pada sendi sangat rentan terkadi kala mengalami obesitas. Bagian pada tubuh yang biasa mengalami antara lain tangan, kaki, lutut dan bagian leher. Ketika cairan sendi berkurang lebih cepat, sehingga bagian-bagian tulang akan saling bergesekan dan rasa nyeripun akan timbul. Jadi lemak terus tertimbun dalam tubuh menimbulkan beban tubuh menjadi bertambah dan berat.

6. Penyakit Jantung

Inilah bahaya obesitas yang akan menimbulkan serangan jantung, karena lemak berlebih dapat menutupi pembuluh darah pada jantung yang akan menjadi tersumbat. Apabila hal tersebut telah terjadi, maka serangan jantung akan terjadi termasuk jantung koroner.

Demikian, bahaya dari kegemukan untuk kesehatan. Alangkah baiknya, jika memperlakukan gaya hidup dan pola makan dengan baik agar selalu terhindar dari  masalah obesitas. Sekian dan Terimakasih

Leave a Reply

*