11 Buah Yang Bagus Untuk Diet

11 Buah Yang Bagus Untuk DietAnda yang sedang ingin menurunkan berat badan, sudah pasti akan melakukan segala cara. Mulai dari cara yang biasa, hingga cara yang tidak biasa mungkin akan dilakoni. Ya, orang yang sedang melakukan program diet, sama sibuknya dengan seorang eksekutif manager di perusahaan besar. Hanya, saja sibuknya beda. Bila seorang eksekutif manager di perusahaan besar sibuk mengupas banyak persoalan karyawan, maka seorang yang sedang diet, akan sibuk mengupas berbagai jenis buah-buahan setiap harinya. Nah lho, kenapa buah-buahan? Sebab, buah- buahan adalah salah satu instrumen penting dalam upaya perwujudan diet sehat. Mau tahu bermacam buah yang bagus untuk diet? Berikut ulasannya.

Sebelum Bahas Buah, Sebaiknya Bahas Diet Dulu Ya

Setidaknya ada dua pemahaman diet. Pertama, diet dimaksudkan sebagai bentuk aktivitas makan dalam porsi yang lebih sedikit. Ukuran normalnya, perut manusia hanya diisi makanan sebesar 1/3nya saja. Kedua, diet dipahami sebagai upaya memotong asupan kalori. Idealnya, konsumsi kalori untuk orang dewasa adalah 2000kalori/hari. Diet tipe ini dikenal dengan diet kalori.

Diet kalori tidak disarankan untuk anak-anak, ibu hamil, orang yang kekurangan gizi, penderita anoreksia. Diet kalori diperbolehkan untuk seseorang yang sudah berusia 25 tahun ke atas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengurangi konsumsi makan berkalori 15% lebih sedikit dari biasanya yang dimulai dari usia 25 tahun ke atas, ternyata mampu memperpanjang umur 4,5 tahun lebih lama. Hal ini dinyatakan Eric Ravussin, seorang peneliti Pennington Biomedical Research,Lousiana. Lebih jauh, pengurangan kalori sebesar 8% perhari juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh.

Dalam kaitannya dengan konsumsi buah-buahan untuk diet, penurunan jumlah kalori di dalam tubuh ternyata mampu mempermudah tubuh dalam mengeluarkan racun. Beberapa jenis buah-buahan justru banyak yang mengandung kalori bagi tubuh. Oleh karena itu, konsumsi buah-buahan perlu diperhatikan selama diet dilangsungkan. Berikut 11 jenis buah- buahan rendah kalori dan dapat mempercepat proses diet bagi tubuh.

Semangka

Semangka dapat ditemui di mana saja. Mulai dari pasar-pasar tradisional hingga pasar modrn seperti supermarket, semangka dijual dengan berbagai kemasan. Ada yang dikemas dengan plastik, ada yang dikemas dengan kotak atau hanya sekadar diletak di atas pelataran warung dan toko. Di manapun semangka dikonsumsi dan dalam bentuk apapun, satu hal yang pasti, bahwa semangka punya khasiat penting untuk melancarkan diet.

Hal yang perlu diketahui seputar semangka adalah kandungan buahnya yang tidak memiliki lemak satu persen pun. Berikutnya, semangka adalah jenis buahan yang memiliki kandungan air paling besar dibanding buahan lainnya. Semangka adalah jenis buah-buahan yang kaya vitamin A dan C. Dan yang terpenting, semangka dapat mengurangi nafsu makan yang berlebihan dan kaya akan serat. Serat di dalam proses diet sangat diperlukan untuk memperlancar metabolisme pencernaan.

Pisang

Bagi Anda yang sedang melangsungkan program diet, mengupas pisang adalah solusi jitu. Pisang mengandung banyak ‘pati larut’. Zat ini bertujuan untuk mempercepat pembakaran lemak. Selain itu, kandungan serat yang dimiliki pisang, dapat memperlama rasa kenyang di dalam tubuh.

Jeruk

Karakteristik buah jeruk memiliki kandungan kalori yang relatif sedikit. Hal ini ada nilai positifnya juga bagi tubuh. Dengan kalori kecil maka nafsu makan akan berkurang. Di samping itu, kandungan serat dan cairan di dalam jeruk akan memudahkan pencernaan dan metabolisme lemak.

Kiwi

Buah Kiwi adalah buah yang kaya vitamin C. Di banyak negara maju seperti Jepang, Korea dan Jerman, konsumsi buah Kiwi terus meningkat setiap tahunnya. Buah Kiwi juga punya kemampuan lain yakni, dapat menjadi obat bagi tubuh.

Apel

Buah Apel terkenal dengan pemanis alaminya. Nama pemanis alami tersebut adalah glicemix index (GI). Kandungan glukosa di dalam buah Apel mampu memperlama rasa lapar di dalam tubuh.

Nanas

Fungsi utama buah nanas adalah mengontrol lemak. Keistimewaan buah nanas yakni tidak memiliki kolesterol dan lemak apapun. Kandungan air di dalam buah Nanas sekitar 85% bobotnya. Selain itu, Nanas juga mengandung vitamin, mineral, serat dan antioksidan. Kandungan glukosanya mampu mempertahankan rasa kenyang di dalam tubuh.

Lemon

Dari dulu, Lemon dipercaya dapat menurunkan kadar gula dan kadar lemak di dalam tubuh. Banyak orang mengkonsumsi lemon dengan madu guna menurunkan berat badan.

Stroberi

Buah stroberi terdapat di dataran tinggi. Keistimewaan buah yang satu ini adalah memperlancar buang air besar. Selain itu, stroberi dapat mengurangi kolesterol dan berat badan. Bagi Anda yang sedang berkutat dengan berat badan berlebih, mengkonsumsi stroberi secara rutin adalah pilihan terbaik.

Kentang

Kentang kaya karbohidrat. Namun uniknya, mengkonsumsi kentang tidak akan menambah berat badan. Hal ini telah dibuktikan di dalam penelitian ilmiah. Meski Kentang kaya akan kalori, namun memakan kentang tidak serta merta akan menaikkan berat badan, melainkan hanya memberikan rasa kenyang dalam waktu yang lama. Itulah mengapa di banyak negara, kentang menjadi salah satu makanan pokok yang mampu menggantikan gandum dan beras. Kentang juga kaya akan vitamin C.

Kacang

Kacang adalah jenis polong-polongan. Dalam asumsi orang awam, memakan kacang akan menambah berat badan. Padahal hal ini keliru. Kacang justru tidak menambah berat badan. Kandungan lemak di dalam kacang tergolong lemak jenuh yang larut di dalam tubuh. Oleh karena itu, mengkonsumsi kacang tidak akan menyebabkan obesitas.

Kurma

Nah, ini adalah buah-buahan yang sangat istimewa. Buah kurma kaya akan vitamin, mineral dan kalori. Buah korma dapat membantu diet berlangsung lebih cepat. Hal ini dikarenakan buah kurma lebih mudah diserap tubuh. Penelitian UCLA menyebutkan bahwa mengkonsumsi kurma secara teratur dapat menggantikan suplemen apapun seumur hidup. Arinya, buah kurma adalah buah yang sangat disarankan bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan.

Mengkonsumsi 10 buah-buahan di atas, dapat membantu Anda menjalankan program diet secara cepat dan sehat. Di balik itu, Anda juga harus memperhatikan beberapa jenis buah-buahan yang tidak baik dikonsumsi selama diet berlangsung. Beberapa buah tersebut adalah sebagai berikut.

Hindari Alpukat

Buah yang satu ini dapat menurunkan tekanan darah di dalam tubuh. Sebaliknya, ketika diet dilakukan, seharusnya tekanan darah yang normal sangat diperlukan dalam pembakaran lemak. Selain itu, Alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal. Alpukat kaya lemak omega 9. Lemak omega 9 ini justru akan menambah bobot badan, dan bukan merupakan pilihan yang baik untuk diet.

Jangan Dekat-dekat dengan Durian

Durian, meski terkenal dengan aroma dan rasanya, namun tidak berarti baik dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalankan program diet. Durian kaya dengan lemak yang akan menambah bobot badan. Selain itu, kandungan glukosanya yang sangat tinggi akan memperberat kerja organ Empedu. Sebagai efeknya, orang yang sering makan durian, nafsu makannya akan meningkat. Nah, bertolak belakang toh dengan tujuan diet?

Singkirkan Anggur Merah

Anggur merah memiliki kandungan glukosa yang tinggi. Selain itu, kandungan lemaknya juga tinggi. Hal ini tidak cocok bila digunakan dalam masa diet. Itu lah beberapa jenis buah yang bagus untuk diet dan yang harus dihindari selama proses diet berlangsung. Selamat menjalankan diet yang sehat dan aman bagi tubuh.

Leave a Reply

*