4 Pembagian Cara Diet Berdasarkan Golongan Darah

4 Pembagian Cara Diet Berdasarkan Golongan DarahDiet pada dasarnya sangat penting untuk dilakukan, bahkan bagi mereka yang memiliki tubuh kurus sekali pun, diet dibutuhkan karena dalam pelaksanaanya dapat mengatur pola makan Anda menjadi lebih baik, sehingga kesehatan tubuh pun dapat dijaga dengan lebih baik. Selain itu, dengan melakukan kebiasaan sehat yang dilakukan selama masa diet, maka tubuh Anda pun akan lebih terjaga bahkan di usia yang lebih tua nantinya.

Bagi Anda yang memiliki tubuh kurus bukan berarti Anda bebas untuk mengkonsumsi berbagai macam jenis makanan lainnya. Karena pada dasarnya terdapat beberapa jenis makanan yang justru dapat menimbulkan beberapa bentuk penyakit bagi orang yang megkonsumsinya. Beberapa jenis makanan tersebut diantaranya adalah makanan yang mengandung tinggi kolesterol, makanan dengan zat pengawet serta makanan yang juga mengadung bahan pewarna.

Dari beberapa hal di bagian atas tadi, maka disimpulkan bahwa tubuh membutuhkan pola makan yang sehat, dan salah satu diantaranya dapat dilakukan dengan menggunakan cara diet. Kegiatan diet itu sendiri dapat dibagi menjadi beberapa macam yang berbeda. Seperti halnya diet berdasarkan jenis makanan ataupun diet berdasarkan golongan darah seperti halnya yang akan penulis jelaskan kali ini.

17kg

Bentuk diet yang berdasarkan pada golongan darah ini memang cukup banyak digunakan oleh masyarakat. Karena berdasarkan hasil penelitian, beberapa makanan yang dikonsumsi oleh penderita dengan golongan darah yang berbeda juga dapat menimbulkan efek yang berbeda pula.

Pada dasarnya hal ini sangat memungkinkan mengingat semua kondisi dari tubuh setiap orang berada dalam keadaan yang berbeda. Karena itulah terdapat beberapa jenis cara diet yang efektif untuk dilakukan berdasarkan pada penggolongan darah tersebut.

Berikut ini adalah 4 bentuk pembagian cara dari diet yang dilakukan berdasarkan pada penggolongan darah itu tadi, diantaranya :

1. Diet untuk jenis golongan darah O

Untuk program diet yang dilakukan berdasarkan pada golongan darah, biasanya dapat dikategorikan menjadi 3 jenis golongan utama yang mana diantaranya dapat diklasifikasikan menjadi jenis makanan yang baik, netral, atau bahkan jenis makanan yang wajib untuk dihindari. Pada pengklasifikasian pertama atau jenis makanan baik itu diperuntukkan bagi jenis makanan yang dapat menjadi bahan penyembuh.

Sementara untuk pengklasifikasian kedua atau makanan netral itu diiperuntukkan bagi jenis makanan yang tidak memiliki banyak pengaruh bagi tubuh. Sementara untuk klasifikasi yang ketiga, atau makanan yang patut dihindari adalah jenis makanan yang berperan buruk dan merugikan tubuh, jenis makanan ini biasanya memiliki sifat racun yang membahayakan.

Untuk cara diet yang cocok bagi golongan darah o itu dapat dilakukan dengan perbanyak mengkonsumsi jenis makanan dari sayuran hijau, serta makanan yang juga mengandung kadar dari protein hewani tinggi. Beberapa jenis makanan dengan kadar protein hewani yang tinggi tersebut bisa Anda dapatkan dengan mudah jika mengkonsumsi jenis makanan seafood. Sementara itu, untuk jenis makanan yang wajib dihindari diantaranya adalah kentang, tauge, jamur serta terong atau bahkan jenis makanan,utamanya sayuran yang memiliki kandungan dari zat aktif lektin yang tinggi.

Mengapa o harus meghindari pengkonsumsian dari makanan dengan zat aktif tersebut? Karena hal ini sangat berguna bagi Anda untuk menghindari diri dari resiko penyakit lambung, alergi, dan juga nyeri pada bagian persendian. Sedangkan untuk jenis makanan netral biasanya terdiri dari tahu, tempe, susu kedelai, atau pun ikan sardine serta ikan tuna. Selain itu pastikanlah untuk melakukan latihan kardio di pagi hari, seperti halnya berenang, jogging atau bahkan bersepeda sehingga memberikan impact yang baik bagi tubuh.

2. Diet untuk jenis golongan darah b

Golongan darah yang satu ini memiliki tingkat antibodi yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis golongan darah lainnya, karena itulah mereka yang memiliki golongan darah ini jarang sekali terkena jenis penyakit. Cara diet berdasarkan golongan darah b dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan dari aneka makanan laut, olahan susu seperti keju atau yoghurt serta sayuran wortel, brokoli dan juga terong.

Namun untuk jenis makanan dari daging seperti halnya daging ayam, bebek, kemudian kacang tanah, jagung, belimbing, alpukat, pir, dan bahkan air soda sebaiknya lebih dihindari. Karena beberapa makanan tersebut justru dapat menimbulkan terjadinya gumpalan darah dan juga serangan jantung.

Sementara untuk jenis makanan netral yang dapat dikonsumsi oleh orang dengan jenis golongan darah o diantaranya adalah cumi-cumi, daging sapi, kacang merah, serta telur ayam untuk jenis olahraga yang cocok bagi golongan darah ini diantaranya adalah latihan moderat, seperti halnya bentuk gerakan dance atau bahkan latihan balet.

3. Diet untuk jenis golongan darah A

Cara diet selanjutnya adalah program diet untuk golongan darah A. Mereka yang memiliki golongan darah A sangat cocok untuk mejadi seorang vegetarian. Karena itulah bagi mereka yang memiliki jenis golongan darah yang satu ini sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi berbagai macam jenis buah-buahan serta sayuran, jika dibandingkan dengan mengkonsumsi daging merah, baik itu daging bebek, kelinci, atau bahkan seafood seperti halnya udang, lobster serta cumi-cumi.

Selain makanan tersebut juga ada lagi makanan lainnya yang tidak dianjurkan bagi golongan darah A, utamanya untuk jenis makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi. Seperti es krim, keju, susu, dan juga makanan yang tinggi karbohidrat termasuk ubi.

Namun untuk golongn darah yang satu ini masih diperkenankan dalam mengkonsumsi ikan tuna, roti gandum,daging ayam,kurma dan juga telur, karena masih bersifat netral dan tidak memberikan pengaruh yang signifikan bagi tubuh. Jenis olahraga yang cocok untuk golongan darah ini adalah olahraga santai, seperti halnya berjalan, atau pun tai chi yang dilakukan di outdoor dalam waktu 30 menitan.

4. Diet untuk jenis golongan darah ab

Program diet yang terakhir adalah diet yang dilakukan bagi mereka golongan darah ab. Jenis golongan darah yang satu ini dikatakan sebagai bentuk perantara antara golongan darah a dan juga b yang dikenal dengan kemisteriusannya dan juga keunikan yang dimilikinya.

Jenis golongan darah yang satu ini dipercaya dapat menyesuaikan dengan dia dengan berbagai macam jenis makanan, hal ini tentunya berbeda dengan jenis golongan darah lainnya yang memang lebih sulit untuk beradaptasi dalam mengkonsumsi berbagai macam jenis makanan. Sehingga baik itu konsumsi dari jenis makanan daging serta sayuran pun akan berada dalam kondisi yang seimbang dan bahkan berdampak baik bagi kesehatan utamanya bagi golongan darah ab.

Namun bagi golongan darah ab yang ingin meningkatkan kekebalan tubuhnya, maka akan lebih baik jika ia mengkonsumsi ikan tuna, susu kambing, krim yang disertai dengan asam dengan kandungan lemak yang rendah, serta buah dari anggur merah. Sedangkan untuk jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh golongan darah ab diantaranya adalah kepiting, telur bebek, buah pisang dan juga air soda.

Mereka yang memiliki golongan darah ab cenderung terkena penyakit sendi atau bahkan radang tulang. Karena itulah untuk menghindarinya, maka biasakanlah untuk melakukan kegiatan olahraga dengan intensitas tinggi dalam cara diet berdasarkan golongan darah ab, seperti halnya melakukan jogging, pilates serta yoga.

17kg

Leave a Reply

*