Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet

Manfaat Jeruk Nipis Untuk DietBuah-buahan mampu membantu diet barlangsung lebih cepat. Buah-buahan mengandung zat yang diperlukan tubuh selama proses diet berlangsung. Berbagai zat seperti vitamin, lemak jenuh, omega 9, dll merupakan kandungan yang sangat dibutuhkan selama diet. Salah satu jenis buah yang punya banyak kandungan bermanfaat untuk diet adalah jeruk nipis. Dengan membaca manfaat jeruk nipsi untuk diet di dalam artikel kali ini dapat memberikan wawasan bagi Anda yang sedang pusing menurunkan berat badan. Berikut ulasannya.

Kandungan Dasar Jeruk Nipis

Jeruk nipis adalah buah-buahan yang kaya vitamin C, B1, B2, B3, B5, zat besi, fosfor, seng, glokusa,  magnesium serta asam sitrat. Berbagai kandungan ini terdapat di dalam buah dan kulit jeruk nipis. Dengan sekian banyak kandungan zat yang sangat bagus tersebut, jeruk nipis sering dijadikan material kosmetik, kesehatan dan kuliner. Khusus dalam bidang kesehatan, jeruk nipis ternyata mampu mempercepat diet.

Jeruk Nipis Sebagai Imunitas Tubuh

Kandungan vitamin C dan antioksidan flavonoid di dalam jeruk nipis berfungsi dalam menjaga kondisi tubuh dari perubahan cuaca ektrim. Selama proses diet, Anda akan mengurangi porsi makan. Persoalan muncul ketika Anda harus mengurangi makanan yang dapat mempertahankan daya imun tubuh. Oleh sebab itu, mengkonsumsi jeruk nipis dapat membantu tubuh dalam menghadapi serangan bahteri dan virus selama diet.

Penyeimbang PH tubuh

PH tubuh  adalah standar dalam mengukur keseimbangan asam dan basa di dalam tubuh. Tubuh seseorang yang dikatakan sehat adalah yang berada dalam kondisi basa (alkali). Sebaliknya, tubuh yang berada dalam konsisi asam (acid) dikategorikan sebagai tubuh yang sakit.

PH  tubuh yang normal adalah yang memiliki 80% basa dan 20% asam. Biasanya, tubuh seseorang yang mengalami obesitas memiliki kandungan asam lebih banyak.  Nah dalam hal ini, jeruk nipis ternyata mengandung zat khusus yang disebut acid citrit (asam sitrat) yang mampu menyeimbangkan alkali di dalam tubuh.

Menormalkan Saluran Cerna

Orang yang memiliki kandungan lemak berlebih biasanya memiliki pencernaan yang tidak sehat. Beberapa di antaranya ada yang mengalani sembelit. Dalam kasus seperti ini, jeruk nipis dapat menormalkan kerja usus agar bergerak normal. Bila usus bekerja normal, maka pencernaan akan lancar yang sekaligus mempercepat proses diet.

Jeruk Nipis Untuk Detoksifikasi

Jeruk nipis mampu membuang racun di dalam tubuh. Dalam kaitannya dengan diet, kebanyakan tubuh yang mengalami obesitas juga mengandung banyak bibit penyakit. Bibit penyakit tersebut dapat berasal dari glukosa, bahteri, lemak tak jenuh, kolesterol dan sebagainya. Jeruk nipis mampu menetralkan racun-racun tersebut sehingga diet dapat berjalan secara sehat dan cepat.

Jeruk Nipis Bermanfaat Untuk Lambung dan Maag

Obesitas erat kaitannya dengan perut. Organ-organ perut seperti lambung, hati, usus dan pankreas sering kali mengalami masalah bagi penderita obesitas. Nah, jeruk nipis mampu menyembuhkan lambung dari racun yang menumpuk bertahun-tahun.  Dalam beberapa kasus lainnya, jeruk nipis mampu menyembuhkan penyakit maag. Ingat, diet pasti memiliki banyak konsekuensi. Salah satunya kemungkinan munculnya penyakit Maag. Selain itu, jeruk nipis dapat membunuh cacing di dalam usus.

Jeruk Nipis Menguatkan Pembuluh Darah

Pembuluh darah yang sehat dapat membantu proses diet berlangsung lebih sehat. Hal ini berhubungan dengan peredaran darah. Pembuluh darah yang sempit/mengecil, akan menyulitkan oksigen untuk sampel ke dalam sel-sel lemak. Dalam proses lebih lanjut, pembakaran hanya dilakukan oleh oksigen.

Menurunkan Hipertensi

Hipertensi sering dialami penderita obesitas. Kelebihan berat badan pada dasarnya meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Kolesterol di dalam tubuh dapat diturunkan dengan bantuan kandungan zat di dalam jeruk nipis.  Erat hubungannya dengan hipertensi, jeruk nipis ternyata mampu menyelesaikan penyakit kardiovaskuler.

Menjaga kesehatan ginjal

Ginjal berfungsi sebagai organ pembuangan. Dalam proses diet, kesehatan organ pembuangan ini menjadi perlu diperhatikan agar metabolisme berlangsung dengan baik. Asam sitrat di dalam jeruk nipis dapat menghalangi pengikatan mineral oleh kalsium yang berujung terbentuknya batu ginjal. Jangan sampai hal ini terjadi lho selama Anda diet. Diet adalah cara untuk sehat, tapi bila gara-gara diet muncul batu ginjal, jelas hal ini kontraproduktif.

Menurunkan Obesitas

Obesitas adalah kelebihan berat badan. Berat badan berlebih ini dapat berasal dari beraneka macam penyebab. Namun yang pasti untuk mengurangi berat badan berlebih, jeruk nipis adalah salah satu solusi jitu.

Mengurangi Nafsu Merokok

Obesitas sering terjadi akibat kebiasaan merokok. Merokok dalam banyak hal akan sangat berpengaruh pada peredaran oksigen di dalam darah. Oksigen merupakan instrumen utama dalam pembakaran lemak di dalam tubuh. Oleh karena itu, bagi Anda yang sedang menjalankan diet, kebiasaan merokok harus dihentikan. Salah satunya dengan bantuan jeruk nipis.

Mengurangi Keletihan Berlebihan

Keletihan berlebihan dapat diatasi dengan jeruk nipis. Keletihan selama diet berlangsung sama halnya dengan keletihan pada saat berpuasa. Oleh karena itu, kekurangan asupan makanan selama diet dapat ditanggulangi dengan kadar serat di dalam jeruk nipis.

Mempertahankan Kebugaran Tubuh

Seorang yang sedang menjalankan diet, biasanya mengalami masalah kebugaran.  Dalam kebiasaan masyarakat tradisional, campuran kuning telur ayam kampung ditambah air perasan jeruk nipis dan gula merah dapat menjaga tubuh tetap bugar.

Meminimalisir Penyakit Jantung

Obesitas rentan menjadi penyebab penyakit jantung. Penyakit jantung terjadi karena penumpukan kolesterol di dalam otot dan pembuluh darah jantung. Dalam hal ini, jeruk nipis dapat memperlancar peredaran daran dan menguatkan pembuluh darah di sekitar otot jantung.

Menyembuhkan Ambeyen

Seorang penderita obesitas bisa jadi juga sering mengalami ambeyen. Hal ini dikarenakan saraf dan pembuluh darah pada bagian panggul tertutup lemak yang sangat banyak. Nah, jeruk nipis dapat menyembuhkan ambeyen ini.

Stabilkan Kadar Gula Darah

Obesitas identik dengan kadar gula darah yang tinggi/diabetes. Kadar gula darah yang tinggi ini menjadi penyebab menumpuknya lemak pada pembuluh darah dan bagian tertentu tubuh seperti perut, bahu, lengan dan kaki. Ini lah mengapa penderita obesitas sering diidentikkan dengan penderita diabetes.

Kenali Efek Samping Jeruk Nipis

Sebagai tambahan informasi, jeruk nipis tidak selalu mendatangkan kebaikan bila dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Setidaknya beberapa hal berikut merupakan efek samping jeruk nipis bagi tubuh.

1. Sakit Perut/sembelit

Terlalu banyak mengkonsumsi jeruk nipis dapat menyebabkan munculnya selaput lendir pada saluran pencernaan. Selaput lendir ini dapat menyebabkan iritasi dan infeksi saluran pencernaan.

2. Kebiasaan Buang Air Kecil

Kebiasaan buang air kecil setelah mengkonsumsi jeruk nipis juga berdampak tidak baik. Hal ini, selain membuat Anda kelelahan juga akan menambah beban kerja ginjal.

3. Penumpukan Kadar Zat Besi

Jeruk nipis kaya dengan zat besi. Oleh karena itu, kelebihan mengkonsumsi jeruk nipis dapat menyebabkan penumpukan zat besi di dalam tubuh. Hal ini akan menyebabkan gangguan yang dikenal dengan istilah hemokromatos.

Demikian lah beberapa informasi seputar manfaat dan serba-serbi jeruk nipis bagi kesehatan tubuh. Bagi Anda yang sedang serius mengurangi berat badan, maka sebaiknya memperbanyak konsumsi jeruk nipis ini. Selain sehat, manfaat jeruk nipis untuk diet juga besar dan aman digunakan. Selamat mencoba

Leave a Reply

*