Menu Sarapan Diet Rendah Kalori Yang Menyehatkan

Diet rendah kalori adalah program diet dengan mengurangi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Saat menjalankan program diet, hal terpenting yang tidak boleh dilewatkan adalah sarapan. Kenapa?.Karena tubuh membutuhkan energi yang cukup guna mengawali aktivitas sehari-hari. Dengan sarapan, maka tubuh tidak akan kekurangan energi dan lemas.

Karena kesibukan, sarapan menjadi hal yang sering kali dilewatkan.Padahal anda bisa membuatnya dengan mudah dan praktis. Bagi anda yang bingung menentukan menu sarapan diet rendah kalori, berikut ini ada beberapa resep yang bisa langsung anda coba.

Menu Sarapan Diet Rendah Kalori

Menu Sarapan Diet Rendah Kalori

Menu Sarapan Diet Rendah Kalori

1. Bubur oatmeal
Menu sarapan diet rendah kalori ini bisa membuat perut anda merasa kenyang lebih lama. Untuk itu, makanlah satu mangkuk penuh bubur oatmeal saat sarapan. Oatmeal merupakan makanan yang terbuat dari biji gandum utuh, sehingga bisa membantu melepaskan energi secara perlahan, dan menyimpan cadangan energi di dalam tubuh lebih lama.

Satu cangkir oatmeal mengandung 150 kalori, dan mampu memenuhi 15 % kebutuhan serat dalam tubuh. Selain itu, oatmeal juga akan memenuhi kebutuhan zat besi sebesar 10 persen. Sehingga oatmeal sangat cocok dikonsumsi selama diet rendah kalori.

Untuk menambah citarasa, anda bisa menambahkan toping buah-buahan kesukaan anda. Namun anda juga harus memilih buah yang rendah kalori, diantaranya yaitu strawberry, alpukat dan raspberry. Hindari toping yang mempunyai kandungan gula tinggi.

2. Smoothies
Apabila anda terlalu sibuk dan tidak sempat membuat menu sarapan diet rendah kalori yang utuh. Anda bisa melengkapi kebutuhan gizi anda di pagi hari dengan mengkonsumsi smoothies. Anda bisa membuatnya dengan mencampurkan susu skim sebanyak satu cangkir dan satu buah pisang. Satu buah pisang mampu memenuhi kebutuhan karbohidrat, magnesium, vitamin B6 dan potasium harian anda. Sementara itu, susu skim bisa memenuhi kebutuhan asupan kalsium bagi tubuh anda.

3. Telur
Telur merupakan bahan makanan diet rendah kalori yang sangat ideal digunakan sebagai menu sarapan. Hal ini karena telur mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi dan juga cepat dalam menyajikannya.Satu butir telur mampu memenuhi kebutuhan protein harian sebesar 13 % dan mengandung 70 kalori. Anda bisa mengolah telur menjadi omelet atau bisa juga dengan membuat sandwich dari 2 lembar roti panggang yang diisi telur rebus.

4. Roti gandum
Anda bisa membuat menu sarapan diet rendah kalori dengan 2 lembar roti gandung yang diisi dengan daging asap atau telur rebus. Anda juga bisa menambahkan selada dan tomat. Makanan ini mempunyai kandungan nutrisi yang sangat lengkap. Seperti protein, karbohidrat komplek, vitamin dan serat.Akan tetapi, pastikan anda mengkonsumsi lebih banyak sayuran dari pada daging. Ini bertujuan agar perut anda bisa merasa kenyang lebih lama hingga jam makan siang.

Demikianlah beberapa menu sarapan diet rendah kalori yang bisa anda konsumsi setiap hari. Untuk mensukseskan program diet anda, imbangilah dengan olahraga.

Leave a Reply

*